Bagaimana Mengubah Tempat Hasil Screenshoot Saat Ingin Menyimpan di Mac OS X

Mengambil screenshot atau juga dikenal sebagai Print Screen mudah dilakukan di Mac OS X. Anda dapat menggunakan Command + Shift + 3 atau Command + Shift + 4, untuk mengambil screenshot layar penuh atau sebagian. Apa pun metode yang Anda gunakan, tangkapan layar ini akan disimpan ke desktop Mac Anda, secara default, sebagai file PNG.

Tetapi jika Anda tidak ingin menyimpan file-file ini di desktop Anda lagi, ada solusi mudah untuk mengubahnya, dengan mengetikkan beberapa perintah Terminal. Untuk menjalankan aplikasi Terminal, Anda dapat mengklik Finder> Applications dan mengkliknya di folder “Utilities”. Atau buka dari Spotlight, yang akan lebih cepat.

Langkah selanjutnya, Anda harus memutuskan di mana Anda ingin menyimpan file screenshot ini. Itu keputusanmu.

Dalam panduan ini, saya akan membuat folder di desktop Mac saya bernama “Screenshot” untuk menyimpan file screenshot saya. Akan terbantu untuk mengatur file dengan lebih mudah.

Ubah Tempat Screenshot Akan Simpan Di Mac OS X Dengan Terminal

Setelah memilih dan membuat folder, kembali ke aplikasi Terminal dan ketik:

defaults tulis lokasi com.apple.screencapture / Pengguna / nama pengguna / Desktop / Tangkapan Layar

Dalam perintah ini, Anda perlu mengganti informasi yang sesuai, seperti “nama pengguna” dengan nama pengguna Mac Anda (di komputer Mac saya, “FedEx”), atau nama folder yang Anda pilih, jika berbeda.

Anda juga dapat mengetik: defaults write com.apple.screencapture location {space}, lalu tarik dan lepas folder tempat Anda ingin menyimpan screenshot di sana ke dalam aplikasi Terminal. Ini secara otomatis akan menentukan lokasi folder yang tepat dan menunjukkannya kepada Anda. Kemudian tekan saja tombol “Enter” untuk melanjutkan.

Langkah terakhir tetapi penting untuk menyegarkan seluruh sistem untuk menerapkan perubahan. Di jendela Terminal, ketik: killall SystemUIServer dan tekan Enter.

Jika entah bagaimana Anda ingin mengembalikan pengaturan ke default, cukup ketik: defaults tulis lokasi com.apple.screencapture / Pengguna / nama pengguna / Desktop, lalu tekan Enter.

Setelah itu, gunakan perintah “killall SystemUIServer” untuk menyegarkan sistem. Tangkapan layar akan disimpan ke desktop Mac Anda lagi. Alih-alih menggunakan “killall SystemUIServer”, Anda dapat me-restart komputer Mac Anda juga akan membantu untuk mengambil efek.

Anda dapat mengubah folder default ke mana pun Anda inginkan dengan menggunakan perintah di atas.

Ada pertanyaan yang ingin ditanyakan? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Dan untuk informasi lainnya silakan mencari di halaman https://usefulpcguide.com/.