Bagaimana Memperbaiki Kesalahan Pelanggaran DPC Watchdog Di Windows

Pada artikel usefulpcguide kali ini akan membahas panduan langkah demi langkah dan berguna untuk memperbaiki kesalahan DPC Watchdog Violation (kode kesalahan: DPC_Watchdog_Violation) di desktop atau laptop Windows Anda.

Jika Anda menggunakan komputer Windows, terutama Windows 8 / 8.1 dan Windows 10, Anda mungkin tahu tentang kesalahan Pelanggaran DPC Watchdog karena ini telah menjadi salah satu kesalahan paling umum di platform Windows.

Jika kesalahan ini terjadi pada komputer Windows Anda, Anda tidak sendirian karena saya telah menerima banyak laporan dari pengguna yang menghadapi masalah ini sebelumnya. Jadi apa itu DPC Watchdog Violation error dan bagaimana cara memperbaiki masalah yang mengganggu ini?

Apa Itu Kesalahan Pelanggaran DPC Watchdog?

Pelanggaran DPC Watchdog (kode kesalahan: DPC_Watchdog_Violation) adalah masalah umum di sistem operasi Windows. Ini terjadi karena beberapa alasan tertentu, seperti firmware SSD yang tidak didukung, versi driver SSD lama, masalah ketidakcocokan perangkat keras, atau file sistem rusak.

Oleh karena itu, jika Anda menggunakan SSD di komputer Windows Anda, hal pertama yang perlu Anda periksa adalah versi firmware dari SSD dan memastikan versi terbaru.

Selain itu, untuk menghilangkan masalah perangkat keras yang tidak kompatibel, lepaskan perangkat keras apa pun dari komputer Anda yang menurut Anda merupakan masalah, terutama perangkat keras baru yang baru saja Anda sambungkan ke komputer, dan kemudian, kesalahan ini muncul.

Bagaimana Cara Memperbaiki Kesalahan Pelanggaran DPC Watchdog?

Seperti yang saya sebutkan di atas, saya telah menerima banyak laporan dari pengguna yang menghadapi masalah ini sebelumnya. Saya telah menyarankan beberapa cara kepada pembaca untuk memperbaiki masalah yang sama, dan itu sangat membantu. Jadi, saya telah membuat daftar ini dengan metode berguna yang mungkin berhasil bagi Anda untuk memperbaiki kesalahan Pelanggaran DPC Watchdog di komputer Windows Anda.

Lepaskan Semua Perangkat Eksternal yang Terhubung

Sebelum melangkah lebih jauh atau menerapkan metode lain, harap lepaskan atau lepaskan semua perangkat eksternal yang terhubung ke PC Windows Anda, kecuali keyboard dan mouse untuk melihat apakah masalah tetap ada atau tidak.

Perangkat tersebut dapat berupa hard drive eksternal, solid-state drive eksternal, printer, atau pemindai. Setelah perangkat tersebut dihapus dan masalahnya hilang, maka pasti salah satu perangkat tersebut menyebabkan kesalahan. Untuk menentukan mana yang menyebabkan kesalahan BSOD, hubungkan satu perangkat pada satu waktu untuk memeriksa.

Perbarui Firmware Solid State Drive Anda

Jika Anda menggunakan solid-state drive (SSD) di komputer, saya sarankan Anda untuk mengunduh versi firmware terbaru dari situs web produsen dan memperbarui SSD Anda. Terkadang, Windows Anda tidak dapat menangani SSD dengan benar hingga firmware diperbarui.

Untuk mengetahui nomor model SSD Anda, ikuti petunjuk berikut:

  1. Tekan Windows + E untuk meluncurkan File Explorer
  2. Lihat sidebar kiri, klik kanan di My Computer dan pilih 3. Kelola. Ini bisa memiliki nama yang berbeda, seperti PC ini, tergantung pada versi Windows yang Anda gunakan.
  3. Di jendela Computer Management, lihat sidebar kiri dan pilih Device Manager.
  4. Dari daftar Disk drive, Anda dapat mengetahui jenis SSD yang Anda gunakan, ditambah nomor modelnya.

Setelah menentukan nomor model SSD, buka situs web produsen, cari versi baru firmware jika tersedia, lalu unduh dan perbarui SSD Anda.

Periksa File Sistem yang Rusak Di Windows Anda

File sistem yang rusak adalah salah satu dari banyak alasan yang menyebabkan kesalahan Layar Biru ini. Untuk memperbaiki kesalahan DPC_Watchdog_Violation di komputer Windows Anda, Anda harus memeriksa dan memverifikasi file sistem Windows untuk memastikan file tersebut tidak rusak. Jika ada masalah dengan file tersebut, proses akan memperbaikinya secara otomatis.

Untuk memulai, buka program Command Prompt dengan hak akses administratif. Selanjutnya, di jendela program Command Prompt, ketik:

” CHKDSK C: /F /R

lalu tekan Enter.

Karena saat ini drive C: \ digunakan oleh sistem Windows, itulah mengapa proses “Periksa Disk” tidak dapat dimulai. Ini akan meminta Anda untuk menjadwalkan pemeriksaan di lain waktu ketika komputer Anda reboot. Jika Anda setuju, ketik Y lalu tekan Enter.

Setelah itu, restart komputer Anda.

Komputer Windows Anda akan di-boot ulang, dan mulai memverifikasi file sistem. Mungkin perlu beberapa saat untuk menyelesaikannya. Harap jangan mematikan komputer saat sedang memeriksa dan memverifikasi.

Pindai Dan Perbaiki File Sistem

Terkadang, memindai dan memperbaiki file sistem Windows akan membantu memperbaiki kesalahan Pelanggaran DPC Watchdog di komputer Anda. Untuk memindai dan memperbaiki file sistem, buka program Command Prompt sebagai administrator.

Selanjutnya silahkan ketikkan perintah berikut di Command Prompt:

” SFC /scannow

lalu tekan Enter.

Ini secara otomatis akan memindai dan memperbaiki kesalahan di sistem Windows Anda. Tunggu prosesnya selesai lalu restart komputer Anda.

Gunakan BlueScreenView Untuk Menemukan Penyebabnya

Ketika DPC Watchdog Violation terjadi pada PC Windows Anda, ada file minidump yang telah dibuat dan disimpan di folder C: \ Windows \ Minidump. Informasi tersebut juga tersedia di Peraga Peristiwa, termasuk kode STOP dan parameter lainnya.

Untuk membaca informasi ini lebih mudah, Anda dapat mengunduh BlueScreenView dari Nirsoft untuk memuat, melihat, dan mendiagnosis apa penyebab di balik kesalahan BSOD ini.

Perangkat lunak ini sangat mudah digunakan. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengunduh, menginstal, dan kemudian menggunakan. Ini secara otomatis akan mencari file minidump dan menampilkan hasilnya kepada Anda. Berdasarkan hasil tersebut, Anda akan tahu apa yang menjadi alasan kesalahan BSOD Pelanggaran DPC Watchdog. Dari situ, lebih mudah menemukan solusi yang tepat untuk memecahkan masalah.

Pulihkan Sistem Windows Anda Untuk Memperbaiki Kesalahan DPC_Watchdog_Violation

Jika semua metode di atas tidak dapat membantu Anda menyelesaikan masalah DPC_Watchdog_Violation, saya sarankan Anda memulihkan sistem Windows Anda.

Pertama, ubah komputer Anda ke mode Aman, dan kemudian pulihkan komputer Anda kembali ke titik pemulihan sebelumnya. Jika Anda tidak tahu cara menggunakan “Pemulihan Sistem Windows” untuk memulihkan komputer Anda kembali ke titik kerja, saya telah menulis artikel lain untuk memberi tahu Anda cara melakukannya. Ini adalah artikel langkah demi langkah yang dapat Anda baca di sini. Atau Anda dapat mengatur ulang komputer Anda dengan langkah-langkah ini, menjadikannya komputer Windows yang baru diinstal tanpa kesalahan apa pun.

Anda juga dapat memperbaiki komputer Windows Anda dengan drive flash DVD / USB yang dapat di-boot yang berisi file gambar Windows .ISO.

Tidak Dapat Mem-boot PC Anda Saat Mendapat Kesalahan DPC Watchdog Violation BSOD?

Alih-alih berhasil mengakses PC Windows Anda setelah mendapatkan kesalahan Blue Screen of Death ini, komputer Anda terkadang menempatkan dirinya dalam satu lingkaran:

” Boot up -> Display BSOD error -> Restart -> Repeat

Jadi, jika Anda ingin menghilangkan kesalahan DPC Watchdog Violation, Anda harus melakukannya dalam Mode Aman Windows.

Cara Mengakses Safe Mode Di Windows 7

Untuk mengakses Safe Mode di Windows 7, tekan F8 segera setelah PC Anda di-restart atau dihidupkan. Saya sering menekan F8 saat mendengar suara “bip”, dan saya menekannya beberapa kali.

Di menu Advanced Boot Options, gunakan tombol panah atas & bawah untuk memilih mode yang ingin Anda akses: Safe Mode, atau Safe Mode with Networking. Lalu tekan Enter.

Cara Mengakses Safe Mode Di Windows 10

Untuk mengakses Safe Mode di Windows 10, Anda perlu menyiapkan media instalasi Windows dan kemudian boot dari sana. Ini bisa berupa instalasi DVD atau perangkat bootable USB.

Catatan: Metode ini hanya digunakan ketika Anda mendapatkan kesalahan BSOD, dan ini mencegah Anda mengakses PC Anda. Jika Anda dapat mengakses komputer secara normal, ada beberapa cara lain yang lebih mudah untuk mengakses Safe Mode.

Setelah boot dari itu, pilih “Repair my computer” -> “Troubleshoot” -> “Advanced options” -> “Startup Settings“”.

Selanjutnya, pilih “Restart” dan kemudian tekan F5 untuk mengakses Safe Mode dengan mode Networking. Anda dapat memilih opsi lain yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tips yang Diperbarui

Pembaruan # 1: Menurut beberapa laporan yang belum dikonfirmasi dari pengguna, setelah mematikan / menonaktifkan perangkat lunak antivirus AVG, kesalahan BSOD ini tidak lagi terjadi. Saya belum menguji solusi ini karena saya tidak berada dalam situasi yang sebenarnya. Saya juga belum tahu hubungan antara kesalahan ini dan antivirus AVG. Jadi ini hanyalah tip referensi.

Diperbarui # 2: Banyak pengguna melaporkan setelah menginstal ulang driver tampilan bahwa kesalahan Pelanggaran DPC Watchdog telah diperbaiki. Jadi, Anda ingin mencoba, boot PC Anda ke Safe Mode.

Setelah itu, buka Device Manager, kemudian cari dan perluas opsi Display adapters. Pilih adaptor display Anda dan kemudian klik kanan padanya dan pilih Uninstall.

Pada langkah berikutnya, centang kotak “Hapus perangkat lunak driver untuk perangkat ini” dan kemudian klik tombol “OK”.

Kemudian reboot PC Windows Anda, tetapi dalam mode normal dan instal driver layar. Jika Anda menggunakan Windows 10, ini akan melakukannya secara otomatis dengan koneksi Internet.

Diperbarui # 3: Perbarui Driver Chipset Untuk Memperbaiki Kesalahan Pelanggaran DPC Watchdog Di Windows 10

Saat Anda meningkatkan dari Windows 7, atau Windows 8, 8.1 ke Windows 10, terkadang, Anda mungkin mendapatkan kesalahan BSOD yang mengganggu ini. Ini terjadi karena driver iaStorA.sys tidak sepenuhnya kompatibel dengan Windows 10.

Untuk mengatasi galat BSOD ini, Anda dapat mengganti pengandar yang bermasalah dengan pengandar storahci.sys dari Microsoft. Berikut langkah-langkah yang perlu Anda ikuti:

Tekan Windows + X dan kemudian tekan M untuk membuka Device Manager.

Cari dan perluas opsi “IDE ATA / ATAPI controllers” pada daftar.

Klik kanan pada “Standard SATA AHCI Controller” atau pengontrol lain yang memiliki nama “SATA AHCI”.

Catatan: Untuk memverifikasi bahwa Anda telah memilih yang benar, klik pada tab Driver -> Detail driver. Jika iaStorA.sys ada di daftar, berarti Anda telah memilih dengan benar.

Di Properties of Standard SATA AHCI Controller, pilih tab Driver, dan pilih opsi “Update Driver…”.

Selanjutnya, pilih opsi “Jelajahi komputer saya untuk perangkat lunak driver” dan kemudian pilih, “Biarkan saya memilih dari daftar driver perangkat di komputer saya”.

Pilih “Standard SATA AHCI Controller”, klik tombol “Next”, dan kemudian restart PC Windows 10 Anda.

Apakah masalah sudah teratasi?

[alert-note] Saya akan terus mengupdate artikel dengan tips yang lebih berguna. Cara terbaik adalah dengan menemukan file minidump Anda, kompres dan unggah ke layanan cloud seperti Dropbox, OneDrive, atau Box.net lalu tinggalkan komentar Anda di bawah, ditambah tautan unduhan. Saya akan mulai menganalisis file dan memposting kembali hasilnya dengan solusi yang disarankan, jika tersedia. [/ Alert-note]

Saya harap metode ini akan membantu Anda memperbaiki kesalahan DPC Watchdog Violation (dengan kode kesalahan: DPC_Watchdog_Violation) di komputer Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang panduan ini atau masih tidak dapat memperbaiki masalah, tinggalkan komentar Anda di bawah.