Cara Memperbaiki Kesalahan ‘DNS Server Not Responding’ di Windows dan Ma

Anda tidak dapat mengunjungi situs web tanpa terlebih dahulu mengakses Server Nama Domain (DNS). Dalam prosesnya, Anda mungkin bertemu dengan pesan seperti ‘server DNS tidak merespons’. Ini berarti bahwa sistem penamaan terdesentralisasi yang bertanggung jawab untuk mengubah nama host menjadi alamat IP gagal merespons.

Ada berbagai alasan jenis kesalahan DNS ini dapat terjadi. Untungnya, kebanyakan dari mereka memiliki resolusi yang sederhana. Faktanya, memperbaiki masalah dapat dilakukan semudah memulai ulang komputer atau mengubah browser web.

Dalam postingan ini, kami akan menjelaskan arti pesan ‘DNS server tidak merespons’ dan beberapa penyebab umum untuk itu. Kemudian kami akan memandu Anda melalui beberapa solusi tentang cara memperbaikinya, baik di perangkat Windows dan macOS.

Ayo simak tips dari kami! Atau untuk mendapatkan tips lainnya silakan hubungi kami melalui email.

Apa Artinya ‘Server DNS Tidak Merespons’?

DNS adalah sistem penamaan yang menggunakan nama domain alfanumerik (atau ‘nama host’) dan mengubahnya menjadi alamat IP numerik. Pada dasarnya, server DNS bertindak sebagai penerjemah.

Saat Anda memasukkan alamat web ke browser, alamat itu diteruskan ke server DNS dari router Anda, yang kemudian dibubarkan dan dikembalikan sebagai alamat IP. Namun, jika server DNS tidak dapat menyelesaikan proses resolusi nama ini dengan benar, hasil akhirnya biasanya berupa pesan yang menunjukkan bahwa server DNS tidak merespons.

‘Server DNS tidak merespons’ berarti browser Anda tidak dapat membuat sambungan ke internet. Biasanya, kesalahan DNS disebabkan oleh masalah di sisi pengguna, baik itu dengan jaringan atau koneksi internet, setelan DNS yang salah konfigurasi, atau browser yang kedaluwarsa. Mereka juga dapat dikaitkan dengan pemadaman server sementara yang membuat DNS tidak tersedia.

Oleh karena itu, Anda mungkin dapat menyelesaikan masalah hanya dengan beralih browser. Dalam kasus lain, Anda mungkin perlu menonaktifkan koneksi, mengubah server DNS, atau membersihkan cache DNS.

Cara Memperbaiki Kesalahan ‘DNS Server Not Responding’ di Windows dan macOS

Sekarang setelah Anda memahami arti pesan ini dan memahami beberapa kemungkinan penyebabnya, sekarang saatnya untuk mulai bekerja mengatasinya. Mari kita lihat sepuluh kemungkinan cara untuk memperbaiki ‘DNS Server Not Responding’ di perangkat Windows dan Mac.

  1. Beralih ke Browser Berbeda

Langkah pertama adalah memecahkan masalah dengan menguji koneksi DNS Anda. Memperbaiki masalah ini mungkin sesederhana mengalihkan atau memperbarui browser web Anda.

Untuk melakukannya, coba akses web dari browser lain. Misalnya, jika browser default Anda adalah Safari atau Google Chrome, kunjungi situs web yang diinginkan dari Mozilla Firefox atau Microsoft Edge.

Jika peralihan browser berfungsi, Anda mungkin perlu memperbarui browser default ke versi terbaru atau mencopot pemasangan dan memasangnya kembali. Namun, jika Anda masih melihat pesan ‘DNS Server Not Responding’, Anda dapat mengesampingkan browser Anda sebagai sumber masalah.

  1. Start Komputer Anda dalam Safe Mode

Jika sistem operasi Anda tidak berfungsi dengan benar, hal itu dapat menyebabkan pesan kesalahan ‘Server DNS Tidak Merespons’. Oleh karena itu, Anda mungkin ingin mencoba mem-boot perangkat Windows Anda dalam Mode Aman untuk melihat apakah ini menyelesaikan masalah ini.

Melakukannya akan membatasi file dan sumber daya yang digunakan untuk menjalankan Windows, dan dapat menjadi cara yang efektif untuk memecahkan masalah.

Untuk memulai komputer Windows 10 Anda dalam Safe Mode, pertama-tama pilih tombol Windows, lalu arahkan kursor ke ikon Power:

Selanjutnya, saat Anda menahan tombol Shift, pilih Mulai Ulang:

 

Di jendela yang muncul, klik Troubleshoot> Advanced. Di bawah Opsi lanjutan, pilih Pengaturan Mulai, diikuti oleh Mulai Ulang. Lebih banyak opsi akan muncul. Anda dapat menekan 4 atau 5 untuk masing-masing Mengaktifkan Mode Aman atau Mengaktifkan Mode Aman dengan Jaringan. Komputer Anda kemudian akan restart dalam Safe Mode.

Jika Anda menggunakan Windows 7 atau sebelumnya, Anda dapat memulai ulang dalam Mode Aman dengan membuka Daya> Mulai Ulang. Kemudian, saat sedang boot, tahan tombol F8.

Prosesnya serupa pada perangkat macOS.

Saat mesin melakukan restart dan boot, tahan tombol Shift. Setelah logo Apple muncul, Anda dapat melepaskannya. Perangkat Anda kemudian akan mulai dalam Safe Mode.

Setelah komputer Anda dalam Safe Mode, coba akses situs web lagi. Jika tampaknya tidak ada masalah koneksi jaringan, sumber masalahnya mungkin perangkat lunak pihak ketiga atau penginstalan, seperti aplikasi antivirus.

  1. Nonaktifkan Sementara Software Antivirus dan Firewall Anda

Jika peralihan browser tidak menyelesaikan masalah ‘server DNS tidak merespons’, langkah selanjutnya adalah menonaktifkan firewall Anda untuk sementara. Perangkat lunak antivirus dan firewall sangat penting untuk melindungi perangkat Anda, tetapi terkadang dapat menyebabkan masalah yang mengganggu koneksi jaringan.

Untuk pengguna Windows, Anda dapat melakukan ini dengan membuka panel kontrol Anda dan menavigasi ke Perbarui & Keamanan> Keamanan Windows> Perlindungan Virus & Ancaman> Kelola Pengaturan.

Pengguna Mac dapat menemukan opsi ini dengan menavigasi ke System Preferences> Security & Privacy> Firewall.

Setelah firewall Anda dinonaktifkan, coba kunjungi situs web lagi dari browser Anda. Jika ini menyelesaikan masalah, Anda dapat mempertimbangkan untuk beralih program antivirus atau mengkonfigurasi ulang pengaturan aplikasi Anda yang ada. Apa pun itu, ingatlah untuk mengaktifkan kembali firewall Anda setelah Anda selesai.

  1. Nonaktifkan Koneksi Sekunder

Jika menonaktifkan perangkat lunak antivirus atau firewall tidak berhasil, solusi potensial lainnya adalah menonaktifkan koneksi sekunder yang tersedia di perangkat Anda. Anda ingin memastikan bahwa hanya koneksi yang sedang Anda gunakan yang aktif.

Untuk melakukan ini di Windows, ketik “Koneksi jaringan” ke dalam kotak pencarian di bilah tugas desktop Anda. Selanjutnya, klik Lihat koneksi jaringan:

Ini akan membawa Anda ke halaman Koneksi Jaringan. Sambungan apa pun yang saat ini tidak Anda gunakan akan memiliki tanda (X) merah di sebelahnya. Klik kanan salah satunya, lalu pilih Nonaktifkan:

Ulangi ini untuk koneksi lain yang saat ini tidak aktif. Setelah selesai, mulai ulang browser Anda dan coba kunjungi situs web lagi.

Jika Anda menggunakan macOS, Anda dapat melakukannya dengan mengklik ikon Apple, lalu menavigasi ke System Preferences> Network. Koneksi Anda akan terdaftar di sisi kiri jendela.

Untuk memutuskan atau menonaktifkannya, pilih, lalu klik tanda (-) di bagian bawah jendela.