Perbaiki Svchost.exe (netsvcs) Masalah Penggunaan CPU Tinggi atau Kebocoran Memori

Mengapa terjadi masalah penggunaan CPU tinggi svchost.exe (netsvcs)?

Pernahkah Anda bertanya-tanya apa itu svchost.exe dan mengapa itu berjalan di komputer Windows Anda? Jika Anda membuka Task Manager dan melihat tab Proses, Anda mungkin melihat ada lebih dari satu svchost.exe yang berjalan di PC Windows Anda, dan Anda tidak bisa menghentikannya begitu saja dengan mematikannya di dalam Task Manager.

Mengapa Lebih dari Satu Svchost.exe Berjalan?

Anda mungkin tahu Windows memiliki banyak layanan, dan jika Anda pernah melihat salah satunya, banyak di antaranya diperlukan saat mem-boot sistem operasi (OS) Windows.

task manager

Oleh karena itu, jika Windows hanya menggunakan satu contoh svchost.exe untuk memuat semua layanan, maka kegagalan dapat menjatuhkan seluruh sistem Windows. Dalam hal ini, Microsoft mengatur layanan ke dalam grup logis, dan setiap svchost.exe akan dibuat untuk setiap grup.

Perbaiki 100% Svchost.exe (netsvcs) Masalah Penggunaan Memori atau CPU Tinggi

Dalam beberapa minggu terakhir, saya menerima banyak email dari pengguna yang mengeluhkan proses svchost.exe. Masalahnya adalah ia menggunakan terlalu banyak sumber daya CPU atau RAM, bahkan ketika komputer tidak menjalankan aplikasi apa pun.

Berdasarkan pengalaman saya, dalam banyak kasus, alasan di balik CPU tinggi atau masalah penggunaan memori svchost.exe (netsvcs) adalah karena PC Anda terinfeksi oleh virus atau aplikasi malware. Namun, masalah ini dapat disebabkan oleh faktor lain:

 Pembaruan Windows.

 File log peristiwa lengkap.

 Program lainnya.

 Layanan Windows.

Saya telah mengalami masalah CPU tinggi svchost.exe beberapa kali. Bergantung pada penyebabnya, Anda perlu menggunakan solusi yang tepat untuk memperbaikinya.

Pada artikel ini, saya akan menunjukkan kepada Anda beberapa metode di mana Anda dapat mempelajari cara mendiagnosis dan memecahkan masalah CPU tinggi atau penggunaan memori svchost.exe (netsvcs), dengan instruksi terperinci.

  1. Pindai Komputer Anda dari Virus atau Malware

Jika komputer Anda dipengaruhi oleh virus, malware, atau program jahat lainnya, proses svchost.exe (netsvcs) dapat menggunakan lebih banyak CPU atau sumber daya memori daripada sebelumnya, hingga 100%.

Oleh karena itu, sebelum mendiagnosis dan memecahkan masalah penggunaan CPU tinggi svchost.exe, Anda harus menggunakan perangkat lunak antivirus untuk melakukan pemindaian penuh pada komputer Anda.

Jika PC Anda terpengaruh oleh malware, saya sarankan Anda mengunduh RogueKiller atau AdwCleaner untuk memindai dan menghapus malware dari komputer Anda.

  1. Nonaktifkan Layanan Yang Menyebabkan Masalah Penggunaan CPU Tinggi Svchost.exe

Seperti yang saya sebutkan di atas, proses svchost.exe diperlukan oleh banyak program dan layanan untuk membantu mereka berjalan.

Oleh karena itu, jika Anda ingin menemukan alasan mengapa ia menggunakan banyak sumber daya CPU / RAM, Anda harus menemukan program atau layanan yang berjalan di bawah proses svchost.exe tertentu.

Setelah itu, nonaktifkan layanan atau hapus instalan program yang menyebabkan masalah penggunaan CPU yang tinggi.

Untuk menentukan program atau layanan yang menggunakan banyak CPU / RAM Anda, ikuti petunjuk berikut:

Di Windows 7:

  1. Tekan Ctrl + Alt + Del lalu pilih “Start Task Manager”.
  2. Klik pada tab Proses.
  3. Pilih proses svchost.exe yang menggunakan terlalu banyak sumber daya di komputer Anda.
  4. Klik kanan padanya dan pilih “Go to service (s)”.
  5. Ini akan secara otomatis beralih ke tab Layanan dan menyorot layanan yang menggunakan proses Svchost yang dipilih.
  6. Tekan tombol Services untuk mengakses Windows Services.
  7. Cari layanan yang menggunakan proses svchost.exe dan kemudian klik kanan di atasnya, dan pilih “Restart” untuk mem-boot ulang.

Di Windows 8, 8.1 dan Windows 10:

  1. Tekan Ctrl + Alt + Del lalu pilih “Pengelola Tugas”.
  2. Klik pada tab Details.
  3. Pilih proses svchost.exe yang menggunakan terlalu banyak sumber daya di komputer Anda.
  4. Klik kanan padanya dan pilih “Go to service (s)”.
  5. Secara otomatis akan menyorot layanan yang menggunakan proses Svchost. Klik kanan padanya, pilih “Restart” untuk mem-boot ulang layanan.

task manager 2

Setelah memulai ulang, jika proses Svchost masih menggunakan terlalu banyak sumber daya CPU / RAM, Anda harus menghentikannya. Untuk melakukannya, klik kanan padanya, dan pilih “Stop”.

Anda juga dapat menonaktifkan layanan tertentu dengan mengklik kanan, dan memilih “Buka layanan”.

Temukan dari daftar layanan Windows, lalu klik dua kali di atasnya. Pilih “Disabled” dari daftar drop-down “Startup type”. Kemudian klik tombol “Terapkan”, lalu klik tombol “OK”.

Itu dia! Masalah penggunaan CPU yang tinggi svchost.exe (netsvcs) sekarang harusnya hilang.

  1. Hapus Log Peraga Peristiwa

Terkadang, membersihkan file log Windows Event Viewer dapat membantu memperbaiki masalah penggunaan CPU yang tinggi svchost.exe. Untuk melakukannya, ikuti petunjuk ini:

  1. Tekan Windows + R untuk meluncurkan kotak dialog Run.
  2. Isi “eventvwr” tanpa tanda kutip dan tekan Enter.
  3. Di jendela Event Viewer, klik untuk memperluas sub-item di bagian Windows Logs.
  4. Klik kanan pada Aplikasi dan kemudian pilih “Clear Log”.
  5. Anda juga perlu membersihkan Security, Setup, dan System log dengan melakukan operasi yang sama.
  6. Reboot komputer Windows Anda.
  1. Diagnosis dan Pecahkan Masalah Pembaruan Windows

Menurut Microsoft, ketika Pembaruan Windows memeriksa pembaruan baru atau mengunduh pembaruan di latar belakang, masalah penggunaan CPU yang tinggi svchost.exe mungkin terjadi. Untuk mendiagnosis dan memecahkan masalah Pembaruan Windows, lakukan instruksi berikut ini:

Langkah # 1: Bersihkan Folder “SoftwareDistribution” Windows

Direktori “SoftwareDistribution” adalah tempat OS Windows menyimpan pembaruan yang diunduh. Jika terjadi kesalahan saat mengunduh pembaruan, atau file dalam folder ini rusak, Anda akan mengalami masalah selama proses peningkatan, termasuk masalah penggunaan CPU yang tinggi.

Akibatnya, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memaksa OS Windows mengunduh ulang pembaruan baru. Untuk melakukannya, Anda perlu membersihkan folder SoftwareDistribution. Ikuti petunjuk berikut untuk membersihkan folder:

  1. Tekan Windows + R untuk membuka kotak dialog Run.
  2. Isi “services.msc” tanpa tanda kutip dan tekan Enter.
  3. Di jendela Services, cari “Windows Update”, klik kanan padanya dan pilih “Stop”.
  4. Buka C: \ Windows, cari folder SoftwareDistribution, lalu hapus.
  5. Reboot PC Windows Anda dan periksa pembaruan Windows.

Jika masalah CPU tinggi Svchost tetap ada, lanjutkan ke langkah berikutnya.

Langkah # 2: Gunakan Pemecah Masalah Pembaruan Windows

Anda dapat mengunjungi halaman web ini dari Microsoft.com untuk mengunduh Pemecah Masalah Pembaruan Windows.

Setelah itu, jalankan dan pilih opsi “Deteksi masalah dan terapkan perbaikan untuk (Disarankan)” agar program secara otomatis mengidentifikasi dan memperbaiki masalah dengan Pembaruan Windows jika ada.

Setelah selesai, mari kita periksa pembaruan lagi, apakah masalah CPU tinggi Svchost.exe (netsvcs) masih ada.

Anda juga harus mengunduh Windows Update Agent versi terbaru dan menginstalnya di komputer Anda. Kunjungi di sini untuk mendownloadnya.

Jika masalah CPU tinggi Svchost.exe (netsvcs) terjadi setelah menginstal pembaruan Windows, saya sarankan Anda menghapus pembaruan tersebut karena itu bisa menjadi penyebab masalah ini. Selain itu, Anda dapat menggunakan DISM (Deployment Image Servicing and Management) atau System Update Readiness untuk memperbaiki kesalahan Pembaruan Windows.

Bisakah Proses Svchost.exe Menjadi Virus?

Jika lokasi file svchost.exe ada di folder C:\Windows\System32, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Proses apa pun yang bernama “svchost.exe” tetapi disimpan di folder lain sebagai ganti “System32” dapat dianggap sebagai virus atau malware. Jika Anda ingin memastikan tentang file svchost.exe, kunjungi VirusTotal.com, kirimkan file yang ingin Anda periksa dan biarkan mereka memverifikasinya untuk Anda. Namun, jika Anda ragu bahwa komputer Anda dapat terkena virus atau program jahat, Anda harus menggunakan antivirus untuk melakukan pemindaian penuh.

Jika Anda tidak memiliki program antivirus di komputer Anda, berikut dua rekomendasi dari saya: antivirus gratis teratas, dan antivirus premium teratas.

Saya harap panduan ini membantu Anda memperbaiki masalah CPU tinggi Svchost.exe. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang artikel ini atau Svchost.exe, beri tahu saya dengan meninggalkan komentar Anda di bawah.