Cara Memperbaiki Masalah Penggunaan CPU Tinggi WSAPPX di Windows

Apa itu proses WSAPPX dan mengapa menggunakan banyak sumber daya CPU?

Pernahkah Anda melihat proses WSAPPX di Task Manager? Terkadang, Anda mungkin menemukannya menggunakan banyak sumber daya CPU Anda. Untuk pengguna yang belum mengetahuinya, proses WSAPPX adalah milik aplikasi Windows Store, juga dikenal sebagai WSService.

Minggu lalu, team Use Ful Pc Guide mengalami masalah penggunaan CPU WSAPPX yang tinggi di komputer Windows 10 saya. Ketika saya boot dan masuk ke dalamnya, saya perhatikan proses WSAPPX menggunakan sekitar 40% dari sumber daya CPU saya.

Saya memperluas proses dan menemukan ada tiga layanan Windows yang berjalan di bawahnya, termasuk Windows Store Service (WSService), AppX Deployment Service (AppXSVC), dan Client License Service (ClipSVC).

Semua layanan tersebut menyediakan dukungan infrastruktur untuk aplikasi Windows Store, dan aplikasinya. Jika Anda mencoba menonaktifkan salah satu layanan tersebut, Windows Store mungkin tidak berfungsi dengan benar.

Cara Memperbaiki Masalah Penggunaan CPU Tinggi WSAPPX di Windows

Proses WSAPPX terkait dengan Windows Store. Namun, jika Anda menemukan bahwa itu menggunakan terlalu banyak CPU atau sumber daya memori komputer Anda, dan bahkan Windows Store tidak berjalan, saya sarankan Anda menghentikan Windows Store agar tidak berjalan, sebagai solusi sementara. Tidak ada solusi permanen untuk menyelesaikan masalah penggunaan CPU WSAPPX yang tinggi di Windows.

Di Windows 10, Windows Store adalah aplikasi penting. Itulah mengapa Anda tidak dapat menonaktifkannya dari Layanan Windows, atau Panel Kontrol. Satu-satunya pilihan untuk mematikannya adalah dengan menggunakan Editor Kebijakan Grup Lokal.

Untuk menonaktifkan Windows Store di Windows 10, ikuti petunjuk ini:

  1. Tekan Windows + R untuk membuka kotak dialog Run.
  2. Tipe: “gpedit.msc” tanpa tanda kutip, dan tekan Enter.
  3. Di jendela Editor Kebijakan Grup Lokal, buka Komputer -Konfigurasi -> Template Administratif -> Komponen Windows -> Simpan.
  4. Cari opsi “Matikan aplikasi Store”, klik dua kali di atasnya dan pilih “Diaktifkan”.
  5. Klik pada tombol “Apply” dan kemudian “OK”.
  6. Restart PC Windows Anda.

Anda mungkin melihat bahwa proses WSAPPX masih berjalan di Task Manager saat Windows Store dimatikan. Jangan khawatir! Sumber daya CPU Anda tidak akan dikompromikan oleh proses ini lagi.

Untuk menonaktifkan Windows Store di Windows 8, dan 8.1, ikuti petunjuk berikut:

Jika versi Windows 8 atau 8.1 yang Anda gunakan bukan Windows 8 Professional atau Enterprise, maka Editor Kebijakan Grup Lokal tidak tersedia. Untuk menonaktifkan Windows Store, Anda harus menggunakan Registry Windows.

  1. Pertama, tekan Windows + R, ketik: “regedit”, tanpa tanda kutip dan tekan Enter. Terkadang, komputer Anda mungkin bertanya “Apakah Anda ingin mengizinkan aplikasi ini membuat perubahan pada perangkat Anda?”. Anda harus memilih YES untuk mulai menggunakan Windows Registry. Jika Kontrol Akun Pengguna dinonaktifkan, komputer Anda tidak akan menanyakan pertanyaan ini.
  2. Di jendela Editor Registri, buka kunci berikut: HKEY_LOCAL_MACHINE \ SOFTWARE \ Policies \ Microsoft \ WindowsStore
  3. Jika kunci WindowsStore tidak ada, Anda harus membuatnya. Untuk melakukannya, klik kanan pada tombol Microsoft, pilih New -> Key dan kemudian ketik: WindowsStore.
  4. Setelah itu, buat DWORD Value baru bernama RemoveWindowsStore dan atur 1 sebagai Value datanya.
  5. Tutup Peninjau Suntingan Registri dan mulai ulang komputer Anda. Windows Store akan dinonaktifkan setelah reboot.

Jika Anda tidak ingin mengikuti semua langkah di atas untuk menonaktifkan Windows Store melalui Editor Registri, cukup unduh file ini dan klik dua kali di atasnya.

Semuanya akan segera selesai secara otomatis. Anda hanya perlu me-reboot PC Anda.

Apakah Ada Metode Lain untuk Memperbaiki Masalah Penggunaan Tinggi WSAPPX?

Bersamaan dengan menonaktifkan Windows Store, ada juga beberapa solusi lain yang dapat Anda coba. Menurut laporan dari pengguna di forum Microsoft, solusi ini membantu mereka menyelesaikan masalah penggunaan sumber daya tinggi WSAPPX.

Jadi saya menambahkan solusi tersebut ke artikel ini sebagai referensi. Mereka mungkin, atau mungkin tidak bekerja dengan Anda.

Disable Superfetch dan Layanan Pencarian Windows

Menurut beberapa laporan dari pengguna, menonaktifkan layanan Superfetch dan Windows Search juga membantu menyelesaikan penggunaan CPU yang tinggi WSAPPX.

Untuk melakukannya, ikuti petunjuk ini:

  1. Tekan Windows + R untuk meluncurkan kotak dialog Run, ketik: “services.msc” tanpa tanda kutip dan tekan Enter.
  2. Cari layanan “Superfetch”, klik kanan padanya dan pilih “Properties”.
  3. Dari daftar drop-down “Startup type”, pilih “Disabled”, lalu klik tombol “OK”.
  4. Restart PC Windows Anda dan verifikasi apakah masalah tetap ada.

Jika masalah tetap ada, buka Layanan Windows ikuti metode di atas, cari Pencarian Windows dan kemudian nonaktifkan.

Selain metode di atas, saya sarankan Anda menggunakan program antivirus untuk memindai komputer Anda untuk menghapus virus atau malware. Terkadang, program jahat tersebut dapat menyebabkan masalah penggunaan sumber daya tinggi WSAPPX ini, termasuk penggunaan CPU, RAM, dan disk yang tinggi.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau masalah tentang artikel ini atau proses WSAPPX, jangan ragu untuk memberi tahu saya dengan meninggalkan komentar Anda di bawah.