Perbaiki WmiPrvSE.exe Penyedia WMI Menghosting Penggunaan CPU Tinggi Di Windows 10

Pernahkah Anda memperhatikan proses WmiPrvSE.exe di Task Manager? WmiPrvSE (atau WmiPrvSE.exe) adalah singkatan dari Windows Management Instrumentation Provider Service. Anda juga dapat menyebutnya sebagai Host Penyedia WMI seperti yang ditampilkan dalam deskripsi di Pengelola Tugas.

Apa itu Host Penyedia WMI (WmiPrvSE.exe)?

Jika Anda tidak tahu, Host Penyedia WMI adalah komponen dari Microsoft Windows OS (sistem operasi). Ini mengontrol lingkungan perusahaan dan memberikan informasi manajemen.

Melalui WMI, manajer dapat mengatur atau menanyakan informasi tentang komponen sistem, jaringan, program, serta komponen perusahaan lainnya. Mereka yang mengembangkan aplikasi dapat menggunakan WMI Provider Host untuk mengingatkan pengguna Windows ketika terjadi insiden yang signifikan.

Tanpa WmiPrvSE.exe, semua program di Windows, termasuk aplikasi sistem dan program yang diinstal tidak dapat dikelola. Alasannya adalah WMI adalah host, yang memungkinkan semua layanan manajemen berfungsi. Selain itu, pengguna tidak akan mendapatkan notifikasi apa pun saat terjadi kesalahan.

Di manakah letak WmiPrvSE.exe? Jika Anda perlu menemukan WmiPrvSE, Anda dapat menemukannya di jalur berikut:

C: \ WINDOWS \ System32 \ Wbem \ WmiPrvSE.exe

Perbaiki WmiPrvSE.exe Penyedia WMI Menghosting Penggunaan CPU Tinggi di Windows 10

Minggu lalu, saya mendapat pertanyaan menarik dari seorang pembaca https://usefulpcguide.com/, yang menanyakan kepada saya bagaimana cara mengatasi masalah penggunaan CPU yang tinggi terkait dengan WmiPrvSE.

Menurut apa yang dia katakan, WmiPrvSE menggunakan sekitar 30% – 40% dari CPU-nya bahkan ketika tidak ada program yang berjalan. Ketika dia membuka satu atau dua aplikasi seperti Firefox atau Chrome, resource CPU yang digunakan meningkat drastis, sekitar 70% – 80%, dan terkadang 100%.

Ada banyak alasan yang menyebabkan masalah penggunaan CPU yang tinggi ini, terutama file sistem yang rusak atau ada sesuatu yang salah dengan file WmiPrvSE.exe Host Penyedia WMI. Untuk mendiagnosis dan menyelesaikan masalah, saya sarankan melakukan metode berikut di bawah ini.

  1. Pindai Komputer Anda dari Virus dan Malware

Saya telah membaca banyak pos di forum Microsoft, dan banyak ahli menyarankan untuk mengunduh program anti-malware untuk memindai komputer. Terkadang, virus atau malware bisa menjadi alasan yang menyebabkan penggunaan CPU WmiPrvSE yang tinggi.

Jika Anda tidak tahu program anti-malware terbaik, saya sarankan untuk mengunduh Malwarebytes atau Norton Power Eraser.

  1. Mulai ulang Layanan Instrumentasi Manajemen Windows

Langkah pertama adalah memulai ulang layanan WMI. Untuk melakukannya, tekan Windows + R, ketik: “services.msc” tanpa tanda kutip dan tekan Enter.

Di jendela Layanan, cari Instrumentasi Manajemen Windows, klik kanan padanya dan pilih Mulai Ulang.

Dalam kebanyakan kasus, memulai ulang layanan WMI akan membantu Anda memperbaiki masalah penggunaan CPU yang tinggi ini.

[alert-note] Saya menyarankan Anda untuk tidak menonaktifkan Windows Management Instrumentation. Ini adalah layanan sistem yang signifikan, dan banyak komponen dan aplikasi sistem Windows tidak dapat bekerja dengan baik tanpanya. [/ Alert-note]

  1. Pindai dan Perbaiki File Sistem yang Rusak

Seperti yang saya sebutkan di awal artikel ini, file sistem Windows yang rusak dapat menyebabkan masalah ini juga. Untuk memindai dan memperbaiki file yang rusak, tekan Windows + X, lalu A untuk membuka aplikasi Command Prompt dengan hak akses administratif.

[alert-note] Jika Windows PC Anda mengaktifkan UAC, ini akan menampilkan kotak dialog YA / NO untuk menanyakan apakah Anda akan menjalankan program atau tidak. [/ alert-note]

Di jendela Command Prompt, ketik:

sfc / scannow

dan tekan Enter.

Setelah proses ini selesai, lanjutkan perintah kedua di bawah ini:

DISM / Online / Cleanup-Image / RestoreHealth

dan tekan Enter.

  1. Restart Bantuan IP dan Pusat Keamanan. Perbaiki Masalah Penggunaan CPU Tinggi WmiPrvSE.exe

Bersama dengan layanan Instrumentasi Manajemen Windows, berikut adalah dua layanan Windows lainnya yang harus Anda mulai ulang untuk membantu Anda memperbaiki masalah:

  • IP Pembantu (iphlpsvc)
  • Pusat Keamanan (wscsvc)

Mulai ulang keduanya dan kemudian juga mulai ulang Instrumentasi Manajemen Windows.

Untuk diagnosa lebih lanjut, Anda juga dapat menggunakan Event Viewer, mengakses Applications and Services logs -> Microsoft -> Windows -> WMI-Activity untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai setiap aktivitas WMI. Berdasarkan informasi tersebut, Anda dapat dengan cepat mengetahui di mana penyebabnya.

Anda juga dapat mengakses Layanan Windows, menemukan semua layanan non-Microsoft, menghentikannya satu per satu hingga masalah penggunaan CPU tinggi Host Penyedia WmiPrvSE.exe menghilang.

  1. Hapus Program yang Tidak Kompatibel

Terkadang, Anda mungkin mengalami masalah ini setelah menginstal atau memperbarui program di Windows. Alasannya adalah program tidak kompatibel dengan WmiPrvSE.exe dan menyebabkan masalah.

Jika Anda telah menginstal atau memperbarui program apa pun belakangan ini, nonaktifkan layanannya di Windows Service atau hapus instalannya untuk melihat apakah penyebabnya atau tidak.

[alert-warning] Jika Anda belum mengupdate Windows untuk waktu yang lama, saya sarankan untuk memeriksa update dan menginstal jika ada. Menjaga PC Windows Anda tetap mutakhir akan menghindari berbagai jenis kesalahan [/ alert-warning].

Saya harap metode di atas dapat membantu Anda untuk mengetahui penyebab di balik masalah penggunaan CPU yang tinggi dari Host Penyedia WMI dan menyelesaikannya.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau masalah terus berlanjut, beri tahu saya dengan meninggalkan komentar Anda di bawah.